welcome


widget

Minggu, 19 April 2015

Contoh LPJ Penggalangan Bantuan

Laporan Pertanggung Jawaban
A.    LATAR BELAKANG

    Islam sebagai agama Rahmatan Lil alamiin mengajarkan kepada setiap umat untuk tolong menolong (ta’awun) kepada sesama manusia. Tidak hanya sesama muslim, bahkan kepada non-muslim pun Islam mengajarkan umat nya untuk berbuat baik.
Sebagaimana perintah Allah dalam Al-Qur’an Surat  Al-Maidah ayat 2 “Dan tolong-menolong engkau semua atas kebaikan dan ketaqwaan.” Serta terdapat juga dalam sebuah hadist yang berbunyi “Allah SWT menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya” (H.R. Muslim).
     Perintah ini begitu jelas bahwa sudah menjadi kewajiban kita untuk saling menolong satu sama lain. Sebagai balasannya, InshaaAllah Allah akan membalasnya dengan kebaikan juga kepada kita.
     Di latar belakangi oleh hal inilah maka kami dari UKM Fajrul Islam Universitas Gunadarma bersama BEM Psikologi dan BEM FTI mengadakan Penggalangan Bantuan  untuk saudara saudari kita yang membutuhkan.

B.    NAMA KEGIATAN

      Nama Kegiatan ini adalah Penggalangan Bantuan untuk Bencana Longsor Banjar Negara (Jawa Tengah), Banjir (Garut) dan untuk Rizki Triwibowo , Penderita Penyakit GBS (Psikologi 2013).

C.     MAKSUD DAN TUJUAN

      Menggalang bantuan baik berupa uang tunai, pakaian layak pakai, maupun alat tulis dari Mahasiswa/i Universitas Gunadarma maupun masyarakat umum disekitar Kampus Universitas Gunadarma baik kampus Depok, Cengkareng maupun Karawaci.

D.    BENTUK KEGIATAN

1.      Waktu dan Tempat
      Adapun Waktu dan Tempat Pelaksanaan adalah sebagai berikut;
Hari, Tanggal              : Selasa – Jum’at, 16 – 26 Desember 2014 M
Tempat                       : Kampus Depok, Karawaci, Cengkareng
                                      Daerah sekitar Kampus Depok, Karawaci, Cengkareng

2.      Tata Cara Pelaksanaan
     Dalam Pelaksanaan Penggalangan Bantuan ini, kami melakukan 5 cara yaitu dengan;
a.      Menempelkan selebaran di tempat strategis di wilayah Masjid Kampus
b.      Class To Class (CTC), yaitu mendatangi setiap kelas
c.       On The Street (OTS), yaitu mengelilingi wilayah sekitar kampus
d.      Transfer, melalui rekening Fajrul Islam yang kemudian kami cairkan untuk mempermudah perhitungan
e.      Mengumpulkan Bantuan berupa barang di Sekretariat Fajrul Islam Masjid Nurul Ilmi Kampus E lantai 2
Sebagai salah satu cara untuk mengefisiensikan waktu, kami membagi tugas harian untuk berkeliling menggalang dana.  Rata-rata perharinya dari Fajrul Islam dibantu oleh 15 ikhwan dan 15 akhwat belum termasuk dari BEM Psikolodi dan BEM FIKTI dengan 2 sesi yaitu :
Sesi 1 : Jam 09.00 – 12.00 dan Sesi 2 : Jam 13.00 – 16.00

3.      Bentuk Bantuan
a.      Dana (Uang Tunai)
b.      Pakaian Layak Pakai
c.       Alat Tulis

4.      Teknis Penyerahan Bantuan
      Dalam penyerahan Bantuan, kami bekerja sama dengan ACT untuk Penyerahan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir di Garut serta Longsor di Banjar Negara dan juga bekerja sama dengan BEM Psikologi untuk penyerahan bantuan (berupa dana) kepada Saudara Rizki Triwibowo.

5.      Penanggung Jawab Wilayah
Untuk mempermudah Penggalangan Bantuan dan dikarenakan jarak yang cukup jauh antara Depok, Karawaci dan Cengkareng, kami membentuk Penanggung Jawab Wilayah yang bertugas mengkoordinir setiap Wilayahnya setiap harinya, antara lain;
a.      Penanggung Jawab Depok : Gani dan Diana
b.      Penanggung Jawab Karawaci : Hasan dan Resty
c.       Penanggung Jawab Cengkareng : Syaiful dan Ula
  Cara ini berjalan cukup efisien. Adapun untuk pengumpulan dana nya pada akhirnya diserahkan kepada Penanggung Jawab Wilayah Depok.

6.      Progress Rincian Dana Perhari (terlampir)
E.     REPORTASE

            Alhamdulillah kegiatan Penggalangan Bantuan ini berlangsung lancar tanpa ada kendala yang berarti. Hal ini tak lepas dari pertolongan Allah SWT, serta bantuan dari Fajrul Islam Universitas Gunadarma, BEM maupun dari Pihak ACT (Aksi Cepat Tanggap) .
           Penyerahan dana kepada ACT dilaksanakan di Kantor ACT,  Menara 165, Jakarta pada tanggal 27 Desember 2014. Dengan rincian yang terlampir bersama Laporan Pertanggung Jawaban ini.
           Adapun kendala yang dihadapi adalah waktu pelaksanaan ini bertepatan dengan Pelaksanaan Ujian Tengah Semester. Sehingga belum dapat menghadap didepan kelas satu persatu, melainkan dengan mengitari lorong ruangan kelas. Alhasil jumlah dana yang kami dapatkan, kami akui belum maksimal.

F.     PENUTUP

                                   Demikianlah Lembar Pertanggung Jawaban ini kami buat, dengan harapan semogga dapat menjadi acuan untuk kegiatan selanjutnya. Semoga Penggalangan Bantuan ini dapat menjadi amal ibadah dan dibalas oleh Allah SWT . Aamiin.

                                    Depok,

                                                        Mengetahui,
                                               Ketua Bidang HUMAS Fajrul Islam
                                                    Universitas Gunadarma



                                                   (Agung Ginanjar Kusuma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate